
Berkenalan dengan SMASHnya DUKCAPIL
Era teknologi informasi ditandai dengan kemudahan dan kecepatan aliran informasi dari satu komunitas ke yang lainnya. Salah satu produk teknologi adalah telekomunikasi menggunakan perangkat Handphone atau telepon seluler. Didalamnya terdapat sebuah metoda komunikasi yang dinamakan SMS (Short Message Service) yaitu sebuah konsep pengiriman informasi berbasis text.
Seiring perkembangannya, SMS tidak hanya dipergunakan untuk mengirimkan atau bertukar informasi antara dua orang yang saling mengenal atau membutuhkan. SMS juga sudah mulai dipergunakan untuk berhubungan antara seseorang dengan sebuah sistem sesuai dengan kebutuhan.
Dalam mempublikasikan layanan dan kegiatan yang sedang berlangsung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang menggunakan banyak sarana, mulai dari brosur, leaflet, booklet, poster, radio, running text, papan informasi, koran, portal media, videotron hingga SMS Broadcast. Untuk publikasi layanan SMS Broadcast ini dinamakan SMASH - SMS Masal Sampaikan Himbauan. Dalam istilah olahraga, SMASH berarti pukulan yang dilontarkan secara cepat dan sekeras-kerasnya dengan menukik ke bidang lawan. SMASH Dukcapil diharapkan mampu menyampaikan informasi seputar administrasi kependudukan dengan cepat dan tepat sasaran sehingga tercipta tertib administrasi kependudukan. Layanan ini merupakan kerjasama dengan PT.Telkomsel yang telah berlangsung sejak 13 Agustus tahun 2019 hingga saat ini. Pemilihan PT.Telkomsel sebagai penyedia layanan adalah karena 93% nomor Handphone warga yang tercatat pada Dinas Dukcapil merupakan pelanggan PT.Telkomsel.
SMS Broadcast adalah metode pengiriman SMS ke banyak nomor dari satu sumber dengan isi pesan yang sama. SMS broadcast yang diterima warga memunculkan ID Pengirim CAPIL PDPJG. Waktu pengiriman SMS Masal bisa dijadwalkan secara manual dan biaya pengirimannya dikenakan kepada pengirim (dalam hal ini yaitu Dinas Dukcapil). Hingga Desember 2021, telah dikirimkan 46 informasi dengan jumlah pesan 523.056 SMS. Setiap pesan akan sampai langsung ke target tujuan informasi (one on one) yang merupakan warga Padang Panjang yang telah terdaftar nomor Handphonenya pada database Dinas Dukcapil. Mulai dari informasi mengenai jadwal layanan ke kelurahan, ke sekolah, kebijakan dan aturan seputar administrasi kependudukan, sosialisasi layanan online PADUKO, layanan pengaduan, pengecekan data dan lainnya.
Oleh : Ramadia, S. Ds